Materi Bulu Tangkis kelas 7

 

Permainan Bola Kecil
Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis

Permainan Bulu Tangkis  merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk ke dalam kelompok permainan bola kecil dengan raket sebagai pemukul dan juga shuttlecock sebagai target pukul. Olahraga ini mempunyai  tujuan utama untuk memenangkan suatu pertandingan dengan cara memukul bola ke wilayah lawan denga melewati bagian atas net sehingga tidak dapat  di tepis oleh lawan , serta menjaga bola supaya  tidak jatuh ke wilayah anda .

Permainan bulu tangkis adala suatu  olahraga yang bersifat individual yang  di lakukan dengan cara 1 vs 1 atau 2 vs 2. Permainan ini menggunakan raket sebagai alat pemukul serta shuttlecock sebagai objek pukul.

Teknik dasar bulu tangkis

 

1. Teknik Memegang Raket

Pada  permainan bulu tangkis, memegang raket tidak boleh sembarangan, terdapat  cara dalam memegang raket dengan baik dan benar supaya  pukulan keras dan  bisa  di kontrol. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Forehand Grip : yaitu cara menggunakan nya adalah dengan memegang raket seperti sedang bersalaman.
  • Backhand Grip : yaitu cara menggunakan nya tidak jauh berbeda dengan forehand grip, namun  saja posisi jari jempol dengan jari lain nya menempel ketika  melakukan forehand grip, sedangkan posisi jari jempol yang terpisah dengan jari yang  lain nya pada  saat melakukan backhand grip.

 


2. Teknik Servis

Servis merupakan  teknik dasar yang ada dalam permainan bulu tangkis untuk mengawali  suatu pertandingan. Teknik ini sangat berpengaruh dalam sebuah pertandingan  bulu tangkis . apabila  servis yang dilakukan  bagus, maka hal tersebut  akan menjadi awalan yang baik untuk mendapatkan poin. terdapat 2 macam servis, antara lain sebagai berikut :

  • Servis Forehand : memukul shuttlecock dengan tinggi , teknik servis ini biasaya  di gunakan pada permainan tunggal.
  • Servis Backhand : teknik ini biasanya dipakai  pada permainan ganda supaya  lawan yang sulit melakukan serangan dan lebih fokus dengan bertahan.

 



ð  Contoh Gambar servis

 

 

 

3. Teknik Pukulan

Teknik pukulan bulu tangkis ini dapat  dikatakan  merupakan sebagai  teknik yang paling penting dan juga  wajib untuk di kuasai dalam permainan bulu tangkis. Karena hal tersebut  akan menjadi penentu untuk kemenangan anda. Berikut ini adalah 2 macam teknik memukul  :

  • Pukulan Forehand : apabila  memegang raket dengan megguaka  tangan kanan, maka teknik ini digunakan ketika  shuttlecock berada di sebelah kanan anda.
  • Pukulan Backhand : jika memegang raket dengan meggunakan tangan kanan, maka teknik ini dapat di gunakan pada saat shuttlecock berada di sebelah kiri anda.



Text Box: Pukulan forehand
Text Box: Pukulan Backhand

 

 

 

 

 

 


Lapangan Bulu Tangkis

  • Panjang lapangan bulu tangkis  : 13, 40 m, sedangkan lebarnya  6, 10 m.
  • Jarak garis servis depan dari garis net : 1,98 m.
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan :  3,05 m.
  • Jarak garis servis belakang ( Untuk Ganda ) dari garis belakang lapangan  : 0,76 m.
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan : 0,46 m.


 

Net adalah jaring yang membentang da  di ikatkan diantara 2 tiang dengan tujuan sebagai pembatas antara daerah anda dengan daerah  lawan. Panjang net adalah  6, 10 m, lebar 0, 75 m, dan tinggi 1, 525 m.

Shuttlecock merupakan  bola yang digunakan  dalam permainan bulu tangkis yang terbuat dari bulu angsa, bulu ayam, dan lain sebagainya. Panjang bulu 60-70 mm, diameter gabus 25-28 mm, jumlah bulu 14-16 helai, berat bola 4,7 – 5,5 mm.

 

Sistem penilaian skor

Dalam pertandingan bulu tangkis atau badminton terbagi menjadi tiga game dengan masing – masing game akan terdapat  total 21 poin.

  • Setiap kali terdapat servis  maka  ada poin yang bisa  di raih.
  • Tim yang memenangi reli menambah poin yang bisa diraih.
  • Saat kedudukan sama kuat yaitu 20 poin, maka tim yang pemimpin dua poin pertama, memenangi pertandingan .
  • Selanjutnya , ketika kedudukan sama kuat yaitu  29 poin, maka  tim yang mencapai 30 poin , akan memenangi pertandingan.
  • Tim yang memenangi set, akan memulai servis pertama pada set berikutnya.

 

 

0 Response to "Materi Bulu Tangkis kelas 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel