RPP SMP Empu tantular

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN                                                                                 NO. 1 / IX - I/ 2015/ 2016

Sekolah                                  : SMP Empu Tantular Semarang
Mata Pelajaran                     : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                     :  XI / I
Materi                                   : Permainan Bola besar ( Sepak bola )
Alokasi Waktu                     :  6 x 40 menit (3 x pertemuan )

A. Standar Kompetensi      
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan  olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

B. Kompetensi Dasar               
Mempraktikan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar sepak bola beregu serta  nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, memecahkan masalah, menghargai teman keberanian
  
C. Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa dapat melakukan mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
b.    Siswa dapat melakukan menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki dengan benar
c.    Siswa dapat melakukan menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar dengan benar
d.   Siswa dapat bermain sepakbola dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri, keberanian, menghargai teman

D.  MateriPembelajaran
PermainanSepakbola
·         Mengumpan dan menggiring bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar
·         Menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·         Bermain sepakbola menggunakan peraturan yang dimodifikasi

E.  MetodePembelajaran
-          Pertemuan 1 = penugasan praktik
-          Pertemuan 2 = penugasan praktik
-          Pertemuan 3 = resiprokal/timbal-balik

F.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Ø  PERTEMUAN 1
Ø  Pendahuluan
·         Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian sebagai wujud kepedulian lingkungan.
·         Guru menumbuhkan rasa inggin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang teknik dasar olahraga permain
·         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yg berkaitan dg teknik dasar olah raga permainan.
·         Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang teknik dasar permainan or untuk menumbuhkan rasa inggin tahu siswa.

15 menit
Ceramah
2
Ø  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi permainan bola besar , sepak bola. Dan menjelaskan teknik-teknik dalam sepak bola.
F Teknik dasar (mengumpan dengan kaki bagian dalam dan dalam serta menahan bola dengan telapak kaki) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
F Teknik dasar mengumpan, siswa di bariskan 10 banjar yang tiap banjar ada 4 anak yang saling berhadapan satu bajar dengan teman.
 


Anak yang berada di depan baris salah satu memegang bola .
F Sebelum melaksanakan umpan dan menahan, guru mencontohkan teknik yang benar.
 












                                                                                         



F Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola dilambung teman dari depan di tempat dilanjutkan dengan bergerak maju dan mundur
F Melakukan teknik dasar mengumpan secara langsung
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
a.       guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
b.      siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
c.       siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
d.      siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
e.       bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
f.       bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi.
F Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan dengan kaki bagian dalam
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

50 menit
Praktek
3
Ø  Penutup
Siswa dikumpulkan kembali, pendinginan, evaluasi dan pemberian tugas kognitif
·      Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman yang telah di bahas.
·      Guru melakukan penilaian akhir  terhadap materi yang telah di berikan secara bertanggung jawab
·      Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol secara benar
·      Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih
·      Guru merencanaka kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·      Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar berolahraga
·      Presensi, dan berdo’a
·      Pelajaran selesai siswa dibubarkan untuk persiapan pelajaran berikutnya.

15 menit
Ceramah

NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1
v  PERTEMUAN 2
Ø  Pendahuluan
·         Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian sebagai wujud kepedulian lingkungan.
·         Guru menumbuhkan rasa inggin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang teknik dasar olahraga permain
·         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yg berkaitan dg teknik dasar olah raga permainan.
·         Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang teknik dasar permainan olahraga untuk menumbuhkan rasa inggin tahu siswa

15 menit
Ceramah
2
Ø  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Teknik dasar (menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki ) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 





                                                  


F Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola diam berhadapan dengan teman
F Melakukan teknik dasar mengumpan dengan bola digelindingkan teman dari depan di tempat
F Melakukan teknik dasar passing dada, pantul, dari atas kepala secara berpasangan dan kelompok
F Melakukan teknik dasar menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan jarak jauh berpasangan atau kelompok
F Melakukan teknik dasar menggiring berhadapan jarak dekat dilanjutkan dengan menahan menggunakan telapak kaki bagi teman yang di depannya  (berpasangan atau kelompok)
F Melakukan teknik dasar menggiring arah lurus dilanujutkan dengan zig-zag
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model tugas/penugasan
­   guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak
­   siswa mempelajari tugas ajar dan indikator keberhasilannya
­   siswa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk mencapai ketuntasan tugas ajar
­   siswa melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan sendiri
­   bagi siswa yang belum mampu mencapai target belajar sesuai dengan alokasi waktunya, maka mereka diberi kesempatan untuk memperbaiki target waktu.
­   bagi siswa yang telah berhasil mencapai target sesuai dengan waktu atau lebih cepat, maka mereka diberi kesempatan untuk mencoba permainan bolavoli dengan peraturan yang dimodifikasi.
F Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan telapak kaki
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.


§    Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
­   berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
­   membantu menyelesaikan masalah;
­   memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
­   memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
­   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif

50 menit
Praktek
3
Ø  Penutup
Siswa dikumpulkan kembali, pendinginan, evaluasi dan pemberian tugas kognitif
·      Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman yang telah di bahas.
·      Guru melakukan penilaian akhir  terhadap materi yang telah di berikan secara bertanggung jawab
·      Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol secara benar
·      Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih
·      Guru merencanaka kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·      Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar berolahraga
·      Presensi, dan berdo’a
·      Pelajaran selesai siswa dibubarkan untuk persiapan pelajaran berikutnya.

15 menit
Ceramah

NO
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Ø  PERTEMUAN 3
Ø  Pendahuluan

·         Guru menciptakan suasana kelas yang religius dengan menunjuk salah satu siswa memimpin berdoa, memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian sebagai wujud kepedulian lingkungan.
·         Guru menumbuhkan rasa inggin tahu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran tentang teknik dasar olahraga permain
·         Guru memberi motivasi siswa secara komunikatif dan kreatif dengan beberapa pertanyaan yg berkaitan dg teknik dasar olah raga permainan.
·         Guru menyampaikan cakupan materi secara garis besar tentang teknik dasar permainan or untuk menumbuhkan rasa inggin tahu siswa

15 menit
Ceramah
2
Ø  Kegiatan inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Variasi dan kombinasi teknik dasar (mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki )
F   dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
 








F Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan di tempat
F Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berpasangan bergerak ke kanan, kiri, depan dan belakang
F Melakukan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki berkelompok bergerak bebas

F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Strategi pelaksanaan dengan menggunakan model resiprokal/timbal-balik
§ guru mengatur siswa agar berpasang-pasangan
§ guru membagikan bahan ajar, yang berisi deskripsi tugas dan indikator tugas gerak kepada setiap pasangan
§ siswa mempelajari tugas gerak dan indikator keberhasilannya
§ siswa membagi tugas, siapa yang pertama kali menjadi pelaku dan siapa yang menjadi pengamat
§ siswa melaksanakan tugas gerak, dan berganti peran bilamana pelaku sudah berhasil menampilkan gerak sesuai dengan indikator yang telah ditentukan
F Bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik dasar mengumpan bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak kaki

F Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
­   berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
­   membantu menyelesaikan masalah;
­   memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
­   memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
­   memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

50 menit
Praktek
3
Ø  Penutup
Siswa dikumpulkan kembali, pendinginan, evaluasi dan pemberian tugas kognitif
·      Guru membimbing siswa secara mandiri untuk membuat rangkuman yang telah di bahas.
·      Guru melakukan penilaian akhir  terhadap materi yang telah di berikan secara bertanggung jawab
·      Guru membantu siswa yang belum benar dalam melakukan kontrol secara benar
·      Memberikan motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat dan berpartisipasi aktif dalam belajar dan berlatih
·      Guru merencanaka kegiatan tindak lanjut secara mandiri dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
·      Guru menumbuhkan rasa ingin tahu siswa agar gemar berolahraga
·      Presensi, dan berdo’a
·      Pelajaran selesai siswa dibubarkan untuk persiapan pelajaran berikutnya.
15 menit
Ceramah




G.  SumberBelajar
-          Ruang terbuka yang datar dan aman
-          Bola
-          Kun
-          Bukuteks
-          Buku referensi, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI, 
-          Lembar Kerja Proses Belajar, Roji, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

H. Penilaian  
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
Aspek  Psikomotor
·  Mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki
·  Bermain dengan peraturan yang dimodifikasi

Aspek  Kognitif
·  Mengetahui bentuk-bentuk mengumpan, menggiring dan manahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar serta menahan dengan telapak kaki. Mengerjakan lembar kerja siswa (LKS)
Aspek Afektif
·  Kerja sama, toleransi, memecahkan masalah, menghargai teman dan keberanian

Tes praktik
(Kinerja)






Tes tertulis







observasi


Tes Contoh  Kinerja






Pilihan ganda/uraian singkat





Lembar  observasi


·    Lakukan teknik dasar mengumpan  bola menggunakan kaki bagian dalam !





·   Apa yang membedakan antara menggiring dan   mengumpan bola dengan kaki bagian dalam !





·   Lakukan bermain sepakbola dengan peraturan yang dimodifikasi !


1.   Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (psikomotor): 
   Lakukan teknik dasar mengumpan, menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan luar serta menahan bola dengan kaki bagian dalam, luar dan telapak
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                     Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                     Jumlah skor maksimal



- Pengamatan sikap (afeksi): 
   Mainkan permainan sepakbola dengan peraturan yang telah dimodifikasi.  Taati aturan permainan, kerjasama dengan teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan menghargai teman

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek
( √ ) memdapat nilai 1
Jumlahskor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
                    
-  Kuis/embedded test (kognisi):
Mengisi lembar kerja siswa (LKS) yang sudah di berikan, dan mengerjakan latihan soal sesuai materi yang sedang di ajarkan.
Keterangan:
Penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
Jumlahskormaksimal

-    Nilaiakhir yang diperolehsiswa =

Nilai tes unjuk kerja + nilai observasi + nilai kuis
           
                                   
2.   RubrikPenilaian

RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang Dinilai
KualitasGerak
1
2
3
4
Melakukan Teknik DasarMengumpan kaki bagian dalam
Sikap awal
1.      Posisi kaki dibuka selebar bahu
2.      Pandangan kedepan
3.      Badan tegak
4.      Berat badan berada di kedua kaki
Proses
1.      Kaki tumpu berada disamping bola ketika akan menendang
2.      Ayunkan kaki kebelakang untuk power menendang, badan agak condong sedikit
3.      Perkenaan kaki pada kaki bagian dalam dan tepat di tengah antara ujung kaki dan tumit
4.      Langkahkan kaki yang menendang kedepan (gerakan follow trough)


Sikap akhir
1.      Posisi kaki dibuka selebar bahu
2.      Pandangan kedepan
3.      Badan tegak
4.      Berat badan berada di kedua kaki




JUMLAH

RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (√ )
1.  Bekerja sama dengan teman satu tim

2.  Keberanian dalam melakukan gerakan (tidak ragu-ragu)

3.  Mentaati peraturan

4.  Menghormati wasit dan teman (sportif)

5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh dalam bermain

JUMLAH




RUBRIK PENILAIAN
PEMAHAMAN KONSEP GERAK DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Kesalahan dalam passing menggunakan kaki bagian dalam?
2.      Kesalahan mengontrol dalam sepakbola?
3.      Bagaimana posisi tubuh sesudah menendang?
4.      Perkenann bola berada dimana agar hasil passing menyusur?




JUMLAH





Mengetahui,
Guru Pamong  



Khoeriyah, SP.d

Semarang,   September2015
Guru PJOK.



A. ZUMAR





0 Response to "RPP SMP Empu tantular"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel